Renovasi Rumah Luas Tanah 96 Meter Persegi

Renovasi Rumah Luas Tanah 96 Meter Persegi


SEMARANG - Memiliki rumah di kota besar dengan luas tanah ukuran 96 meter persegi adalah sebuah anugrah. Tidak semua orang mampu memiliki rumah yang dekat dengan pusat kota dengan fasilitas komplit. Seperti dekat dengan sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah, dan tempat kuliner.

Seperti keluarga Bapak Nanang yang menginginkan rumahnya di kawasan perumahan yang dekat dengan Masjid Agung Jawa Tengah bisa menjadi hunian yang nyaman. Ayah lima putra dan putri ini juga menginginkan rumahnya bisa menjadi tempat berkumpul keluarga. 

Renovasi Rumah Ukuran 96 Meter

Untuk memenuhi keinginannya ini, beliau meminta bantuan untuk merenovasi rumahnya. Dahulu rumah bapak Nanang sudah memiliki 4 kamar tidur, juga fasilitas rumah lainnya.



Dengan luas tanah 96 meter, bagaimana bisa menjadi rumah dengan empat kamar, 3 kamar mandi, ruang tamu, dan garasi. Model tanahnya 16 x 6 meter. Jadi memanjang ke arah samping 16 meter, sedangkan ke belakangnya sepanjang 6 meter. 

Memang sengaja tanah seluar 96 meter ini diperuntukkan ruangan semua. Karena masih ada sisa tanah di bagian belakang yang digunakan untuk dapur. Jadi renovasi ini sama sekali tidak mencapai bagian belakang atau dapur.

Tiga kamar ukuran 3x3 meter persegi, satu kamar utama ukuran 4x4 meter persegi. Kamar mandi ada satu di kamar utama, ukurannya 1,5 x2 meter persegi. Dan dua kamar mandi lain berukuran 1,5 x 2 meter persegi. 

Untuk ruang tamu ukuran 3 x 6 meter persegi yang terletak di samping garasi dengan ukuran sama.

Biaya Renovasi Rumah 

Sebenarnya tidak begitu banyak perubahan dari rumah lama dan yang baru. Alasan renovasi adalah karena rumah ini terletak di kawasan yang kadang banjir. Jadi memang perubahannya adalah dengan meninggikan lantai rumah. 

Urugan tanah setinggi 1,2 meter dan dari lantai ke plafon tingginya adalah 4 meter. Tentunya agar rumah tak lagi kebanjiran dan aman.



Untuk merenovasi sesuai keinginan Bapak Nanang mengelurkan dana sebesar 264 juta rupiah. Perinciannya adalah luas bangunan yang direnovasi 96 meter persegi dikalikan biaya sebesar Rp. 2.750.000. Sehingga biaya renovasi yang dibutuhkan oleh Bapak Nanang sebesar Rp. 264.000.000.

Proses renovasi yang lakukan membutuhkan waktu selama kurang lebih 4,5 bulan. Pengerjaan renovasi membongkar bangunan lama terlebih dahulu, baru melanjutkan pembangunannya sesudah itu.

_______________

Memang untuk menaikkan ketinggian lantai sebuah rumah dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun hasil akhir renovasi juga lebih teratur antara perpindahan ruangan di dalam rumah. Sirkulasi udara juga lebih lancar dengan tinggi plafon mencapai 4 meter.

Bagaimana sahabat, tertarik untuk merenovasi rumah anda? Silahkan hubungi admin Artantorenov.com untuk mendapatkan informasi lebih detil. Tentang biaya renovasi juga bisa dinegosiasikan sesuai bugdet anda. 

Jangan lupa, sahabat bisa cek artikel inspirasi seputar renovasi dan desain serta tips tentang rumah di artantorenov(dot)com.

Salam hangat.

Post a comment

0 Comments